Kerudung Putih (Part 1)

Masa~masa sekolah memang sangat menyenangkan, banyak suka duka, yang pasti jadi banyak sahabat, siang itu aku duduk sendiri di bangku kesayangan, (gimana gak kesayangan orang setiap rahat, duduk di bangku yang sama hehe…)


Eeeehh.. itu siapa sih, kok aku baru lihat kaya anak baru disini tapi kapan datangnya?, aku mengguman sendiri dalam hati tiba tiba saja…

“Dooorrrttt…!!!! Ngelamun aja, ngelamun apa sih…?” tegur temanku Ida dari belakang...

“Duh… kamu ini ngagetin aja, untung aja jantungku gak copot…!”

“Habisnya dari tadi, senyum~senyum sendiri lagi ngeliatin apa sih…?” Tanya ida ke aku…

“Itu siapa sih, anak baru yah…?”

“Yang mana…?”

“Yang lagi duduk di bawah pohon itu…”

“Oh.. itu, itu Kak Ari, namanya anak pindahan, ganteng kan…?” kata Ida

“Kamu itu, gak bisa bedain cowok ganteng yah, cowok gitu dibilang ganteng…!”

“Hahaha…!” Ida malah ketawa…

Teng… Teng… Teng…

“Udah bunyi bel tuh masuk yuuk entar telat lagi”

Namaku Cinta Frensiska, teman-temanku manggilnya Chaca, dan teman baikku itu namanya Ida Farida, dipanggilnya Ida, memang temanku banyak tapi yang selalu ada dalam suka dan duka hanyalah Ida…
Teng… Teng… Teng… tanda bunyi waktu pelajaran telah usai.. anak-anak pun saling berebutan keluar…

“Da, aku mau mampir ke perpus, kamu mau ikutan gak…?” tanyaku sama ida

“Enggak ah, kamu duluan aja…entar aku nyusul…!” jawab Ida.

“Oke, kalau begitu…”

Akhirnya aku ke perpus sendirian tiba-tiba saja..
Brukk, “auuww…”

“Astaghfiruloh, maaf.. maaf.. aku gak sengaja…” sambil ngambil buku yang berserakan tanpa aku lihat, siapa yang aku tabrak…

“Gak papa” jawab suara cowok

Hah suara cowok, siapa sih, sambil menengok aku bergumam dalam hati sendiri…

“Maaf yah, aku gak sengaja, aku duluan yah…” sambil berlalu meninggalkan cowok itu sendri…

Sampai di perpustakaan aku buru-buru nyari buku yang ku mau, “Huuufff tinggi banget sih”, sambil berusaha ngambil buku, sambil ngedumel sendirian… (maklum aku gak terlalu tinggi) dan tiba-tiba ada yang ambil buku yang aku mau ambil itu dan…

“Nih…!!

“Makasih banget, dah mau ambilin…” ucapku tanpa melihat siapa yang ambilin buku itu…

“Eiit… kamu yang tadi aku tabrak itu ya, maaf yah, tadi aku gak sengaja…” kataku sambil senyum sendri..

“Dari tadi, minta maaf melulu, aku juga ada salahnya kok, kenalin namaku Ari Prasetyo, panggil aja Ari…” Sambil mengulurkan tangannya..

“Aku Cinta Fransiska, panggil aja Chaca…”

Akhirnya kami berdua milih milih buku yang kami butuhkan sampai gak terasa waktu sudah jam 3 sore…

“Duh, dah jam 3..”

“Kenapa Cha…?” tanya Ka Ari ke aku

“Enggak papa, dah sore nih aku pulang duluan ya…”

“Ya dah, bentar lagi aku juga mau pulang…” jawab Kak Ari

“Heeemmm perasaan dari tadi ada yang ngikutin aku, siapa sih..?” akhirnya aku nengok ke belakang.

“Ngapain sih dia ngikutin aku”, aku bicara sendiri dalam hati, dan tak terasa aku sampai rumah, tiba tiba dia nyapa aku dari belakang..

“Haii… ini rumah kamu…?” Tanya kak Ari..

“Iya… Ka Ari mau mampir..?” saranku..

“Enggak, makasih, itu rumahku…? kak Ari nunjuukin rumahnya yang dekat rumahku..”

“I..tu…, itu kan rumahnya Paman Soleh..” Jawabku sambil kebingungan karena setahu aku, paman soleh gak punya anak laki laki
“Iya, aku keponakannya Paman Soleh…” jawabnya..

“Oh.. Ya udah sampai ketemu besok di sekolah ya…”

Akhirnya, karena rumahnya searah, kami pun selalu pulang pergi bareng, karena kedekatanku sama Kak Ari, membuat Mini marah dan sinis padaku, karena Mini diam-diam mencintai Kak Ari, Hingga pas istrahat di sekolah..

“Cha, kamu itu gak bisa jalan sendiri apa, kok kemana mana didampingi Kak Ari…?” Sapa Mini padaku dengan nada marahnya..

“Emangnya kenapa…?” Jawabku

“Jadi cewek itu jangan kegatelan, selalu deketin Kak Ari…!” jawab Mini sambil berlalu.

Sejak kejadian itu aku selalu menghindari Kak Ari bila diajak pulang bareng, hingga membuat Ka Ari kebingungan dan ingin tau masalahnya, hingga pas jam istrahat aku ke kantin dan aku lihat Kak Ari sedang bersama Mini, ada rasa sedikit sakit di hatiku tapi entah apa itu..

“Da, aku gak jadi laper kita duduk aja yuk di belakang…!” ajakku ke Ida

“Kamu kenapa sih Cha, selalu menghindar bila lihat Kak Ari…?” tanya Ida..

“Gak kenapa napa…!” jawabku sambil berlalu, tiba tiba.

“Cha… chaca…” panggil Kak Ari

“He he ada apa Kak?” jawabku pura pura sambil senyum padahal dalam hati dongkol secengkol

“Kamu kenapa kok belakangan in berubah sama aku…?” tanya Kak Ari

“Gak, kenapa napa, takut ada yang marah aja kalo aku deket Kak Ari…” jawabku

“Gak ada yang marah kok…”

“Lah, itu…!” sambil melirik ke arah Mini

“Aku sama Mini itu gak ada hubungan apa apa…!” jelas Kak ari..

“Iya, menurut Kak ari, tapi bagi Mini Kak Ari itu sangat spesial…!!!” jawabku sambil berlalu

8 Bulan kemudian
Gak terasa sudah mau kenaikan kelas 3 SMK, tapi ada rasa sedih di hatiku karena aku harus pindah sekolah ke Sulawesi, walau belum ada kepastian yang pasti tapi tak sengaja aku mendengarkan pembicaraan Mamaku di telepon sama kakakku yang di sulawesi.

“Bu, ntar kalau kenaikan kelas, Cinta suruh pindah aja kesini biar beban Ibu bisa berkurang…!!” kata kakakku

“Itu, terserah Cinta, Cintanya mau gak pindah kesitu…” jawab ibuku

“Ya udah biar, nanti aku yang bilang sam Cinta…”

Tak terasa kenaikan kelas pun tiba, dan akhirnya aku harus pindah ke Sulawesi tempat kakakku…

“Cha, kamu ditunggu di perpus sekarang…” kata Ida..

“Sama siapa…?”

“Kak Ari…”

“Gak mau ah…” jawabku

“Katanya dia mau ngomong penting”

Akhirnya aku ke perpus, nemuin Kak ari..

“Cha, katanya kamu mau pindah ya…?” tanya Kak ari ke aku

“Iya…”

“Kapan, berangkatnya…?”

“Minggu depan…”

“Cha, sebelum kamu berangkat, aku pengen ngomong sesuatu…”

“Ngomong aja, kak…”

“Sebenernya, dari sejak awal kita ketemu disini, aku suka sama kamu, aku pengen kamu jadi pacarku, kamu mau gak jadi pacarku…?” tanya Kak Ari ke Aku…

“Taaapiii…”

“Gak, usah jawab sekarang, minggu depan aku mau ngantar kamu ke bandara, dan pas itu juga, kamu baru jawab juga gak pa pa…”

Waktu keberangaktn pun tiba, aku diantar Ida Dan Kak Ari sampai bandara

“Da, maksih banget yah udah mau ngantar aku…”

“Iya, sama sma2, jangan lupa ngasih kabar ya Cha..” jawab ida

“Kak, maksih dah ngantar aku, dan aku gak bisa ngasih jawaban sekarang, tapi ini surat buat kakak, dalam surat itu kak Ari bisa tau jawabanya…”

“Hati hati di jalan yah…”

To: Kak Ari
Kak Ari, maaf sebelumnya kalau jawabanku membingungkan… sejujurnya aku juga suka sama kak Ari, tapi sekarang aku harus pergi, aku gak bisa bersama kak Ari lagi, kalau kita ada jodoh pasti ketemu di Sulawesi…
Dari: Cinta yang mencintaimu.

Bersambung...
                                                                  
Cerpen Karangan: Ocha Nur Amelyia