Terima Kasih Bali!

Tuhan itu selalu memberikan kebahagian terhadap Umatnya tapi tergantung dari pemikiran setiap Umat itu sendiri. Malam saat itu begitu aneh dan tidak seperti malam sebelumnya dinginmu tidak terasa dingin panas pun tidak terasa sama sekali dan kalian tahu kenapa karna di saat malam itu saya tidak lagi bersama orang yang selalu mengisi hidup saya dan hati ini selama 2 tahun terakhir ini.Sedih pasti tapi saya tidak mungkin melihatkannya kepada semua teman dan keluarga saya .Dan saat saya terdiam saya berpikir saya harus melupakan kesedihan ini sejenak dan mencari arti kehidupan yang lain.Pagi nya pun saya berangkat ke Bandara Juanda Surabaya untuk berlibur ke Bali. Bali iya Bali,kota yang dikarunia keindahan yang sangat luar biasa oleh Tuhan kepada kita khususnya Bangsa Indonesia.

2 jam di pesawat akhirnya sampai juga di kota indah ini ya BALI.Ini keberapa kalinya saya ke Bali tapi beda dengan yang dulu karna saya sekarang kesini untuk menyembuhin hati yang lagi sakit yang dulunya selalu ceria tapi sekarang merasakan kepedihan. Di Bali saya menginap di rumah teman kecil saya dulu yang kebetulan dia pindah di Bali karna Orang Tuanya dinas di sini nama dia ADEN.saya berjalan dan naik ojek menuju kerumah teman saya itu,dijalan Bali begitu indah sepanjang jalan selalu hadir dan bertemu kembaran saya ( Turis Asing).1 Jam perjalanan akhirnya saya sampai dirumah Aden .

Disitu saya langsung melihat teman kecil saya dulu yang sudah berapa puluh tahun kita tidak bertemu.

“hai sudah nyampek loe , gimana susah nyari rumah gw ? ( ADEN memberikan tangannnya untuk berjabad tangan )

Dan saya pun menyabut jabad tangan Aden “ ya ni rumayan susah she Den tapi gpp dapat hadiah pemandangan yang sangat alami yang dikasih Tuhan .

“Siapa Den ?kok gak disuruh masuk .( suara yang terdengar dari dalam rumah aden )

“ni Bu tetangga kita waktu dijawa dulu ( sambil berjalan masuk kedalam rumahnya )dan saya pun mengikuti Aden masuk kedalam rumah.dan saat itu saat melihat ibu-ibu seumuran dengan Ibu saya juga lagi menjahit pakaian di ruang tamu.

“selamat siang Tante Widya “ memberikan tangan ku untuk bersalaman .

“hai oala anak Mbak Wulan toh. Monggo – monggo masuk maaf rumahnya berantakan ni “ sambil membreskan pakaian yang dijahit .

“Gpp kok tante biasalah rumah penguasaha “ .saat itu rumah Aden begitu sepi hanya ada mamanya dan Aden.

“Mau minum apa kamu Wan ? Bir , Fodka ,Sirup opo banyu syetan” Tanya ADEN
“gak usah repot-repot Den air putih sajahlah .” ok tunggu ya biar aku ambilkan wan “ dan pergi dia kebelakang .
“Tadi berangkat kesini jam berapa dek awaan ?”bertanyaan dari ibu Aden
“Jam sepuluh tadi Tante tadi nyari-nyrai alamatnya agak susah jadi agak lama “
‘Ibu kamu masih bekerja di Pemerintahan wan?”
“ya tante masih” ngomong-ngomong om bambang kemana tante kok gak keliatan ?”(om bambang adalah papa dari Aden atau suami dari tante Widya.
“ Na kamu belum tahu ya kan om bambang sudah nikah lagi sama bule wan 5 tahun lalu “ serasa suaranya agak lirik dan mengecil .
“ maap tante saya tidak tahu ‘’
“Gpp santai saja toh juga udah lama wan, yaudah tante tinggal dulu ya kebelakang lihat jemuran “
“iya tante “ jawabku dan melihat cuaca dari luar jendela ruang tamu.

Memang saat itu cuaca mendung dan akan turun hujan .beberapa kemudian Aden muncul dan membawakan 2 gelas minuman yang dia letakkan dimeja ruang tamu “minum wan mumpung masih dingin ya”
“makasi den jadi ngerepotin loe ni”
“Santai saja kawan ku “ Aden dengan duduk disebelah .” wan kamu capek tidak?”
“Kenapa den ?” tak ajakin ikut ketemuan sama cewek wan”

Aden memang dari kecil sudah menjadi play boy dan selalu godain teman teman cewek dikelas .teman teman cowok sibuk dengan bermain bola tapi dia malah selalu godain temen cewek ya itulah kenanganku dlu bersama teman kecil saya yang sekarang aku temui ini.
“ ah loe Den tidak berubah dari dulu “jawabku sambil memukul pelan kepalanya.
“hahaha tapi ini beda kawan dia cewek asli Bandung aku kenalan lewat twitter dan dia berlibur ke Bali makanya aku ajakin ketemuan “ Ikut ya wan?”

G enak lah masak ketemuan ngjak gue kamu den ?”
“Santai wan dia juga ngjak temannya siapa tahu temannya cantik nanti biar sakit hati mu ilang ma mantan cewek mu itu “gimana brader ?”
“ ok2 tapi aq Cuma ngantar kamu “
“siap boss “bentar aku ngambil motor dulu ya kamu tunggu sini “ ADEN berlari kebelakang untuk mengambil motor.tibanya aden didepn rumah nya saya pun keluar dan dibonceng oleh dia .diperjalan dia bercerita banyak tentang Bali dan kisah ayahnya.dan kuliat Aden begitu kuat dengan keadaanya sekarang .20 menit berkendara akhirnya kita sampai ditempat yang ditujuh tempat ini adalah tempat mereka janjian ketemuan, teryata di salah satu pantai indah di Bali .tempat ini sungguh luar biasa begitu indah Bali dan begitu besar nikmat mu TUHAN.Saat itu aku melihat jam sudah jam 3 sore waktu setempat meski mendung tapi tidak mengurangi wisatawan untuk berkunjung kepantai ini.
“den saya tinggal kesana dulu ya g enak lah ganggu kamu “
“eh wan tidak usah kamu tunggu disni saja sama aku itu anaknya jalan kemari”

saya melihat memang ada cewek tinggi cantik,putih dan sempurna. Entah kenapa saat saya melihat wanita ini seiring ada kehidupan baru buat gw yang dulu hati ini merasa ada yang tersakiti dan saat itu pula hati ini begitu deg deg kan melihat sosok wanita yang begitu sederhana tapi sempurna tapi disisi lain hati ini juga kecewa dia adalah wanita yang disukai oleh teman aku ini Aden .

“dini ya ?” bertanya aden ke cewek itu.
“iya. Kamu Aden .” cewek itu menjawab dan bertanya kepada aden
“iya .kok kamu sendirian katanya sama teman mu kemarin “
“teman gw mendadak ada perlu den jadi gak bias ikut “
“oala ,yaudah gpp ni kenalin teman gw awaan anak Surabaya yang juga liburan disni sama kyk kamu“

Dan saat itu kita sama sama bersalaman tapi kenapa hati ini berbeda saat menyentuh tangan nya seakan darah ini ikut merasakn halus tangannya itu.

1 jam kita bertiga ngobrol dan tukar pin bb kita memutuskan untuk cabut dari tempat itu dan pulang kerumah masing masing .perjalanan pulang Aden Nampak begitu suka dengan dini cewek tadi , dia mengunggapkan akan menggilangkan sikap playboy nya kalau dapat wanita ini.tapi dalam hati sebenarnya juga memiliki rasa yang sama kayak Aden tapi tidak mungkin aku cerita karna dia yang lebih dulu mengenal dan Aden adalah teman gw.mendengarkan Aden cerita tiba tiba bbm ku bunyi .

“Wan kamu sudah nyampek belum sama aden bisa minta tolong gak?”teryata itu bbm dari Dini
“ada apa ada yang bisa kita bantu?” jawabku melalui bbm
“mobil teman gw yang aku pakai ini mogok dan saya tidak tahu mesin “.
“kamu dimana kita langsung ketempatmu ini.”
Setelah diberi tahu tempatnya gw dan Aden langsung tancap gas menuju ketempat mobil dini mogok.

10 menit akhirrnya sampai ditempat dini yang mobilnya mogok itu.
Tolongin wan ni gak tahu kenapa tiba2 mati gak bisa dihidupin lagi” ucapan dia sambil menarik tangan ku menuju mobilnya.dan saat itu saat langsung tidak enak kepada Aden tapi untung aden tidak sakit hati dan malah dia berkata “ ya wan tolongin kan kamu tahu mesin aku mah gak tahu .

Teryata air radiatornya habis.10 menit kemudian mobilnya bisa nyala lagi .
“wan kamu bisa nyetir mobil kamu anta raja dini sampai kerumah temannya itu nanti kamu pulangnya naik taksi kasian dini nanti ada apa apa lagi’’gimana din? Nanya Aden ke Dini.
“ah tidak usah nanti ngerepotin Awan lagi?”jawaban dari dini

Mendengar jawaban itu saya langsung masuk ke mobil dini dan menghidupkan mesin mobilnya .
“ayo masuk mau aku tinggal disini ? “kataku sambil tertawa kecil
“yaudah kamu antar dini ya wan kalau kita aku naik motor ni pulang ati ati jangan nyasar pulange”guro ADEN.

Dijalan dini cerita banyak tentang dirinya dan tentang pekerjaannya yang melelahkan dibandung untuk itu dia merefresh otak dengan liburan dan dia sempat nanya tentang juga dan maksud kedatanganku ke KOTA indah ini .teryata dia tidak percaya laki-laki yang pandai sekali bercanda dan pandai tentang mobil bisa ditinggalin juga sama wanita .

Dan gak tahu kenapa stelah lama ngbrol tiba tiba saya menanyakan hal sepele ‘
“dini cowok kamu gak ikut liburan ?”nanya ku dengan nada sedikit kecil

Dan aku saat itu berharap ada jawaban yang menyenangkan hati ini tapi ternyata tidak.
“cowok aku super awaan tidak g mungkin bisa nemenin aku nemenin kesni nemenin untuk ngantar aku berobat aja saat sakit dia tidak bisa.”jawab dini sambil memengang hp nya.

Jawaban itu langsung menurunkan 180 derajat niatan ku semula yang pengen dapatin dia sekarang tanpaknya pupus ditengah jalan.

1 jam berkendara akhirnya sampai dirumah tempat dini dan langsung aku pamit pulang karna gak enak sama Ibu Aden .Sesampai dirumah Aden aku langsung menceritakan semua yang akui ketahui kedia .

“wan kamu suka ya sama dini ?”nanya Aden “aku tahu sejak pertama kamu ketemu dini kamu ada rasa sama dia dan kamu udah lupa sama sakit hati dan saya senang jika kamu tidak sakit hati lagi kan memang tujuan kamu ke sini untuk nyembuhi luka kamu dan sekarang tuhan lagi mengabulakn doa kamu kawan aku tidak akan marah meskipun kamu suka sama dia malah aku senang berjuangin dia kawan dia memang wanita yang pantas untuk di perjuangin “kata ADEN .

Dan aku menjawab” iya Den gak tahu kenapa rasa sedih ini dan berganti perasaan bungah bungah saat menatap wajah dia sebenarnya saya mau jujur tadi tapi tidak enak sama kamu tapi teryata kamu mengijinkan makasi Den “

Setelah kejadian itu saya sering bbm ngajak dini keluar makan ataupun jalan-jalan .5 hari dibali dan selalu mengajak dini disetiap waktu itu sungguh membuat hati ini sulit menjauh dengan perasaan sayang kepada.dan suatu saat saya melihat distatus bbm dia yang berbunyi “ JIKA KAMU DATANG LEBIH AWAL “

Dan saya langssung bertanya kepada dia “ cinta terkadang datang di akhir tapi untuk selamanya dan Tuhan biasanya mengirimkan orang yang tepat diakhir dan untuk selamanya.”

“makasi ya sudah membuat dan memperelakukan aku seperti ini dan aku sungguh bahagia bisa kenal kamu wan terima kasih“ jawab bbm dini

“dini aku suka sama dan aku cinta sama kamu aku tahu kamu sudah ada yang miliki tapi hati ini sulit untuk tidak bisa melupakan kamu “ bbm ku ke dini

“jujur aku semenjak kenal kamu aku sangat bahagia dan tahu giman rasanya dihormati sebagai wanita dan aku senang dan jujur dalam hati ini ada perasaan yang sama tapi aku bisa aawann karna aku sudah memiliki calon suami dan aku harus segra melupakan mu dan anggap saja hub kita ini cuman ada didunia mimpi “jawaban dini.

Dan saat itu teryata itu adalah bbm terakhir gw sama dia dan dia kembali ke Bandung.
Gw pun memutuskan untuk balik ke Surabaya dan pamit pada Aden dan ibu.

1 tahun berlalu setelah kejadian dibali itu teryata inilah yang dinamakan kesabaran dalam cinta.
Saat itu ADEN menelepon gw dan berkata”

“wan dini sakit keras dan dia nyebut nama kamu kawan aku tahu ini dari teman ceweknya gimana kamu mau nengokin gak?”kalau kamu nengokin dia di RS ABK Bandung .

Tanpa berpikir panjang saya langsung berangkat dibandung saat itu juga .dan setiba disana di RS ABK itu saya langsung menuju kekamar dini dirawat dan saat mau masuk teryata saya lihat ada beberapa orang yang lagi nungguin disebelah dini berbaring .

“Assalamualaikum “salam saya sambil mengetuk pintu kamar itu.
“walaikumsalam “jawab orang didalam dan sambil membukakan pintu .
“permisi om tante saya Awaan mau lihat keadaan dini gimana? Tanya saya kepada Mereka .
“kamu yang bernama Awaan ,nak tolongin putri tante ini dari dia sakit dia selalu nyebut-nyebut nama kamu.” Kata tante itu yang teryata Beliau adalah mama dari Dini .

Teryata di kamar tersebut ada juga Calon suami dini yang selalu duduk menunggu disamping dini.
“ya tante saya akan bantu sebisa saya untuk nyadarkan dini Semoga Tuhan memberikan kesehatan kembali Pada Dini” jawab saya sambil menuju ke dini yang lagi berbaring tak sadarkan diri itu.

“Assalamualaikum ni saya Din datang demi kamu karna TUHAN, sadar sayang bangun kita jalan jalan kayak dulu kita bercanda lagi kita main selancar lagi ,Bangun Dini Bangun sayang “.minta ku kepada orang yang aku sayangi itu dan memegang tangan dia.

Saya berkata itu tidak memperdulikan sekitar terutama calon suaminya yang terpenting pada saat itu adalah saya hanya pengen melihat orang yang aku sayang bisa sehat kembali.

Tiba tiba tangan yang aku sentuh bergerak perlahan dan saat itu juga saya melihat dini membukakan matanya .

“awaan aku sangat mencintaimu maafkan aku dulu yang”
“ssssst “bantahku dan mnyuruhnya untuk tetap berbaring ditempat tidur saja.
“gak ada yang salah din dulu atau sekarang dan saya kesini pun atas ijin Tuhan memang berat melupakan mu saat itu tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak mungkin memisahkan jodoh UmatNYA.”Kata ku kepada orang yang aku cinta ini.

Dan saat itu pun orang tua Dini membatalkan pernikahannya dengan calon suaminya itu dan meminta saya untuk segera melamar dini saat itu juga .teryata yang saya tahu dini dijodohkan dengan pria tersebut oleh orang tuanya karna lelaki ini memiliki pekerjaan yang bagus dan kaya raya .

“saya tidak akan menjual kebahagiain anak saya dan saya hanya pengen melihat anak saya bahagia ,sehat dan memiliki suami yang bisa membuat dia selalu berharga dan terseyum tulus dan yang bisa melakukan itu kamu nak AWAAN.” Pesan Ayah Dini .
“terima kasih om saya pasti akan menjaga dan membahagiakan dini dan calon cucu2 om nanti..”
sekian dulu ya terusannya tunggu cerpen selanjutnya.
______________________________
Cerpen Karya Awaan